Selasa, 12 Juni 2012

MENGINSTAL LAN CARD


langkah2 menginstalasi LAN Card. Dalam contoh ini LAN Card yang
digunakan berjenis PCI (udah mamad jelasin sebelumnya.. klik di LAN Card jenis PCI pada umumnya mendukung fasilitas Plug-n-Play
(artinya komputer secara akan mendeteksi dan menginstalasi LAN Card
yang dipasang, dalam bahasa lain : colok ---> langsung pakee.. ).

1.Hidupkan Komputer. Muncul desktop Windows XP (bagi yang menggunakan XP).
2.Sebelumnya,
LAN Card telah kita pasang di motherboard. Tunggu beberapa saat,
komputer akan mendeteksi LAN Card yang telah dipasang. Pemberitahuan
tsb akan muncul di pojok kanan bawah desktop.

-------------------------------------------------------------------------------------
catatan
>> Apabila motherboard menyediakan LAN onboard, maka kamu gak
perlu lagi memasang LAN Card. Cukup kamu mengaktifkan LAN onboard tsb
melalui setup BIOS. Caranya :
1.Hidupkan komputer. Masuk ke setup BIOS.
2.Tekan
tombol DEL pada saat booting. Muncul menu utama Award BIOS (ni bagi
yang BIOS nya pake Award, klo yang pke AMI ato IBM, mari sesuaikan diri
aja ). Pilihlah "Integrated Peripherals". Buatlah Onboard LAN Boot ROM menjadi "Enabled".



3.Tekan tombol Esc. Kemudian lakukan penyimpanan pada Save & Exit Setup.

4.Setelah
booting & Desktop XP muncul,akan tampak di pojok kanan bawah
desktop bahwa LAN onboard berhasil dideteksi komputer.
-------------------------------------------------------------------------------------

Untuk membuktikan berhasil atau tidaknya proses instalasi LAN Card maupun LAN onboard, kamu bisa mengikuti langkah2 berikut :
1.Masuk ke My Computer.



Lalu Masuk ke Control Panel.



2.Pilih Network and Internet Connections. Pilih Network Connections.

Jika pada Icon Local Area Connection tidak terdapat tanda "Seru" warna kuning atau tanda "Cross warna merah, artinya proses Instalasi LAN Card atau LAN Onboard berhasil, dan tidak mendapati masalah.

Demikian
langkah2 memasang perangkat LAN dan menginstalasi LAN Card atau LAN
Onboard pada komputer A. Lakukan kembali langkah2 diatas pada
komputerB, atau komputer lainnya yg akan dijadikan komputer jaringan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar